8 Tips Memilih Busana Pengantin untuk Pernikahan Anda

8 Tips Memilih Busana Pengantin untuk Pernikahan Anda

Tips Memilih Busana Pengantin – Pernikahan adalah salah satu momen bersejarah dalam hidup, agar momen ini berjalan sempurna sesuai rencana, maka diperlukan persiapan yang matang agar berkesan dari jauh hari. Salah satu hal yang perlu disiapkan jauh hari adalah busana pernikahan yang akan dipakai. Busana pasangan mempelai pria dan wanita harus serasi satu dengan lainnya.

Busana yang akan dikenakan juga harus serasi dengan faktor pendukung lainnya seperti tema pernikahan yang akan dipilih, postur tubuh dan dekorasi resepsi pernikahan.

Memilih busana pernikahan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar Anda dan pasangan Anda terlihat sempurna saat duduk di pelaminan nanti. Anda tentu tidak ingin melakukan kesalahan dalam memilih busana pernikahan bukan? Berikut adalah tips memilih busana pengantin untuk pernikahan Anda :

Tips Memilih Busana Pengantin, Check It Out!

  1. Sesuai dengan Keuangan (Budget)

Membeli busana pengantin membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit, bahkan dalam membeli busana pernikahan saja sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar. Jadi busana pernikahan juga menjadi prioritas yang perlu Anda perhatikan dengan biaya – biaya lainnya. Masalah fatal bisa terjadi jika untuk membeli gaun saja sudah menghabiskan setengah biaya untuk pernikahan Anda. Padahal busana dengan harga mahal belum tentu cocok dengan Anda dan pasangan Anda.

Anda bisa menghemat biaya busana jika belanja di pusat grosir busana seperti di tanah abang, lebih menyenangkan jika belanja berdua dengan pasangan Anda. Selain hemat biaya, Anda juga bisa belanja perlengkapan atau aksesoris lainnya di sana.

  1. Sesuai dengan Adat/Tema Pernikahan

Busana yang akan Anda gunakan harus sesuai dengan tema pernikahan yang akan Anda gelar. Jangan sampai terlihat aneh karena tidak menggunakan busana yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Misalnya jika tema yang Anda pilih adalah tema pernikahan islami maka pilihlah gaya busana yang tertutup dengan menggunakan hijab untuk mempelai wanita.

Jangan sampai salah, tema yang Anda gunakan adalah gaya islami tapi busana yang digunakan malah gaya busana modern yang cenderung lebih terbuka.

  1. Sesuai dengan dekorasi pernikahan

Busana yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan dekorasi pernikahan, jika Anda sudah menyiapkan busana yang akan dipakai sebelum dekorasi pernikahan, maka Anda harus menyesuaikan dengan dekorasi pernikahan. Jangan sampai busana yang digunakan tidak cocok dengan dekorasi pesta pernikahan Anda.

Hasilnya, dari foto dokumentasi pernikahan terlihat tidak cocok, kemudian sedikit menyesal dengan hasil jepretan kameramen. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sesuaikan busana pengantin Anda dengan dekorasi pernikahannya.

  1. Sesuai dengan Gaya Anda sendiri

Ada beberapa wedding dress yang bisa Anda pilih, tapi gaya yang akan Anda pilih harus sesuai dengan kepribadian, adat atau keseharian Anda. Jika Anda seorang muslim. Lebih baik pilihlah busana dengan tema islami yang lebih tertutup.

  1. Praktis digunakan

Busana yang ribet akan membuat ribet pula acara pernikahan Anda nanti. Bayangkan, saat sedang sibuknya Anda melewati proses pernikahan yang melelahkan, Anda harus dipusingkan dengan busana pernikahan yang ribet saati dipakai sehingga untuk memakainya perlu waktu yang lama. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah busana pernikahan yang praktis dan simple, agar tidak membuang waktu dan menguras tenaga saat memakainya.

Busana yang praktis sangat cocok digunakan jika resepsi pernikahan dilakukan diluar ruangan, karena mudah & nyaman digunakan dengan cuaca yang cukup panas.

Sekarang telah banyak tersedia busana pernikahan yang simple dan praktis, namun tetap anggun dan enak dilihat saat digunakan.

  1. Sesuai dengan Tubuh Anda

Kadang kita memaksakan diri untuk membeli busana yang tidak pas, namun karena modelnya suka maka memaksakan diri untuk memakainya, hanya karena ingin tampil cantik. Padahal, menggunakan busana pengantin yang tidak pas atau tidak sesuai dengan tubuh Anda, akan membuat penampilannya tidak enak dilihat oleh orang lain.

Oleh karena itu, agar saat resepsi pernikahan nantinya Anda ingin terlihat sempurna, gunakanlah busana pernikahan yang cocok dengan lekuk tubuh Anda dan memang pas dengan ukuran tubuh Anda.

  1. Bahan Nyaman saat digunakan

Bahan adalah salah satu faktor yang membuat pakaian Anda nyaman dipakai atau tidak. Pilihlah bahan untuk busana pernikahan yang berkualitas sehingga bisa menyerap keringat dan dingin saat dipakai, tidak sebaliknya membuat gerah saat digunakan.

Oleh karena itu meskipun digunakan siang dan malam saat resepsi pernikahan dengan kondisi suhu ruangan yang panas tidak masalah untuk menggunakannya. Jika Anda seorang yang memiliki penyakit alergi dengan bahan tertentu, perhatikan bahan busana pengantin yang akan Anda gunakan, jangan sampai saat digunakan menimbulkan reaksi alergi atau gatal saat menggunakan busana pernikahan yang Anda pilih.

Baca juga : 4 Tips Memilih Dekorasi untuk Pernikahan Anda

  1. Warna

Gaya busana apa yang akan Anda gunakan nantinya, baik secara tradisional maupun modern jangan sampai tidak serasi dengan warna kulit Anda. Misalnya, warna busana putih pucat belum tentu cocok dipandang oleh semua orang.

Demikian Tips Memilih Busana Pengantin untuk Pernikahan yang Tepat bagi Anda yang akan menikah, semoga informasi dari penulis bermanfaat.

 

About the Author

adminsarungkursi administrator

Leave a Reply