7 Langkah Sederhana Memulai Usaha Online Dari Nol

7 Langkah Sederhana Memulai Usaha Online Dari Nol

Memulai Usaha Online – Semakin berkembangnya dunia internet dan teknologi, apalagi dengan semakin canggihnya perangkat seluler yang dibesut oleh OS android dan Ios. Selain itu, ditambah lagi setiap operator seluler sedang mengembangkan teknologi 4G, membuat koneksi internet menjadi lebih kencang. Dampaknya sangat signifikan, pengguna seluler semakin betah berlama-lama dengan barang kesayangannya tersebut. Termasuk salah satunya adalah belanja di toko online atau website.

Jika Anda bisa melihat peluang, tentu saja ini adalah peluang bagi Anda yang ingin membuka usaha online untuk segera take action. Hampir setiap barang atau jasa saat ini bisa dipromosikan via internet. Oleh karena itu banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda coba. Memulai bisnis bisa dimulai dari hobi yang Anda sukai agar dalam menjalankan usaha bisa menyenangkan.

Setelah Anda menemukan ide atau passion Anda, maka selanjutnya adalah memulai, jangan terlalu banyak menimbang karena setiap usaha pasti memiliki resiko, bukan tanpa dipikirkan. Setidaknya bisnis yang akan Anda tekuni memiliki peluang yang bagus di pasaran. Untuk memulai bisnis online sebaiknya perhatikan hal berikut:

Memulai Usaha Online dari Nol…

1. Tentukan Ide Bisnis yang Sesuai

ide bisnis online

Setelah niat untuk memulai usaha ada dibenak Anda, langkah selanjutnya adalah tentukan ide. Ide bisnis apa yang sesuai untuk Anda. Lebih baik bisnis tersebut sesuai dengan passion Anda. Bisnis yang sesuai dengan hobi atau passion akan lebih menyenangkan saat menjalankannya, Anda tidak akan bosan atau menyerah meskipun sedang ada masalah atau kurang laku. Anda akan terus berusaha promosi dan melakukan inovasi utuk bisnis Anda.

2. Mulai menyiapkan Barang atau Jasa

Setelah menentukan mau bisnis apa, jika akan menjual barang Anda bisa menjual barang afiliasi, dropship, reseller atau bisa membuka jasa, seperti jasa pembuatan website dan lain-lain. Jika menjual barang, sebaiknya Anda juga sudah mengerti dengan barang atau produk yang Anda jual, tujuannya agar ketika sudah datang waktu transaksi Anda tidak bingung dengan barang yang akan Anda jual.

Intinya adalah anda menguasai seluk beluk barang yang Anda jual, jika Anda ingin membuka jasa, Anda harus memiliki skill yang cukup. Misalnya jika Anda ingin membuka jasa kursus komputer maka Anda harus paham dengan ilmu komputer dan sebagainya.

3. Siapkan Lapak

Setelah menyiapkan barang atau jasa yang akan dijual, selanjutnya adalah membuat lapak online. Lapak online tidak harus membuat website, Anda bisa memulai promosi melalui facebook, twitter, google plus atau BBM serta media sosial lainnya.

Meskipun menggunakan media gratis Anda harus mengemasnya dengan menarik, minimal Anda memiliki logo atau tagline agar mudah diingat orang. Misalnya, jika menggunakan facebook buatlah halaman facebook kemudian buatlah foto sampul yang mendeskripsikan usaha Anda.

4. Identias Produk

Setelah menyiapkan lapak kemudian siapkan foto produk yang menarik, foto produk juga harus disertai dengan detail produk yang jelas, agar meminimalisir pertanyaan oleh konsumen Anda. jika Anda menjual jasa, buatlah konsep yang jelas tentang jasa yang Anda jual.

5. Membuat website

Setelah produk atau jasa yang Anda jual memiliki omset yang lumayan, buatlah website atau toko online, apalagi jika membuka jasa profesional. Agar tidak dikira usaha konvensional buatlah website, desainlah semenarik dan seprofesional mungkin, meskipun masih personal branding tapi jika memiliki tampilan website yang “wah” tentu mejadi nilah tambah bagi calon konsumen Anda.

Khusus untuk toko online, buatlah navigasi yang semudah mungkin, misalnya toko online harus terdapat menu cara order, konfirmasi pembayaran atau katalog yang jelas. Loading website juga diperhatikan, jangan sampai loading website Anda lemot karena calon konsumen Anda tidak akan betah dan beralih ke toko online lain.

Buatlah cara belanja yang simple, ingat orang indonesia tidak suka cara belanja yang ribet. Misalnya, untuk membeli produk 1 saja diperlukan 5 langkah, isi formulir ini itu pindah dari halaman satu ke halaman lainnya. Buatlah pilihan ketika klik tombol beli apakah memilih ke halaman keranjang belanja atau halaman cara order.

6. Promosi Terus

Setiap usaha apapun tidak ada artinya jika tidak melakukan promosi, tentunya dalam membuat website ada fasilitas share ke facebook, twitter dan google plus. Manfaatkan tombol tersebut untuk mempromosikan setiap produk yang Anda dijual di website. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan media sosial lain untuk memprosikan website Anda, tapi ingat tidak boleh terlalu berlebihan karena akan dianggap spamming. Jika berlebihan dalam melakukan promosi juga kurang bagus karena mengganggu. Lakukan promosi via media sosial secara berkala, minimal setelah ada produk terbaru.

7. Manfaatkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk mengoptimalkan peringkat website Anda di posisi terbaik di hasil mesin pencarian seperti google.com. menurut wikipedia SEO adalah

“Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.”

Misalnya jika Anda menjual sepatu kulit bandung, ketika anda mengetikan “jual sepatu kulit bandung” tersebut di google maka akan muncul di halaman pertama google. Lebih baik jika berada di urutan lima besar. Dampaknya akan sangat terasa karena website yang berada di posisi lima besar memiliki peluang tinggi untuk diklik oleh calon konsumen Anda.

Demikian Langkah Sederhana Memulai Usaha Online dari Penulis, semoga bermanfaat, tidak ada ilmu yang bermanfaat tanpa mempraktekannya, oleh karena itu setelah membaca informasi dari blog ini pahami dan praktekan.

Salam Sukses – Dadi Jaya Tenda

About the Author

adminsarungkursi administrator

Leave a Reply